Warning!!!! 6 hal yang haram dilakukan sat berkendara

Warning!!!! 6 hal yang haram dilakukan sat berkendara

  Berkendara roda dua memang menyenangkan matickers, terlebih apabila membawa pasangan. Ada beberapa hal yang memotifasi para pengguna roda dua, diantaranya lebih cepat dan gesit saat di kemacetan, selain itu bermotor membuat segalanya lebih simple.



namun, kecelakaan kendaraan ternyata lebih banyak didomionasi kendaraan roda dua. Selain rawan resiko, pengguna roda dua terlihat acapkali mengabaikan safety riding (keselamatan berkendara) baik dari cara menggunakan motor, atau tak melengkapi persyaratan berkendara yang aman.
Nah, matickers, berikut ada beberapa hal yang sebaiknya jangan dilakukan saat naik motor.


  • Jangan memacu kendaraan di gigi tinggi

Teorinya, menggunakan gigi tinggi membuat matickers dapat kehilangan kontrol. Baiknya gakailah gigi rendah atau yang sesuai dengan kondisi jalan, terutama saat menghadapi macetnya lalu-lintas..


  • Jangan bermotor jika nggak enak badan

Penting banget nih matickers. Naik motor itu harus sehat, nyaman, banyak minum, dan cukup istirahat. Sebagian besar kecelakaan bukan disebabkan karena sepeda motor, tetap karena pengendara yang ceroboh. Kuncinya, kondisi baik sangat penting untuk mendapat feeling yang tepat saat berkendara.



  • Jangan membonceng tanpa perlengkapan aman

Teman minta nebeng, pacar atau salah satu keluarga ingin dibonceng? Tentu saja boleh, tapi syaratnya dia harus memakai perlengkapan berkendara yang aman, minimal pelindung kepala dan kaki. Pada beberapa kasus kecelakaan, pada kecepatan tertentu, boncengers lebih berpotensi terlempar ketika terjadi benturan. Tentu matickers tidak ingin hanya diri sendiri yang selamat dari kecelakaan bukan?



  • Jangan main HP

Ini juga nggak kalah penting matickers, jangan sekali-kali menukar nyawa matickers dengan asik ber-HP ria saat berkendara. Memang motor matic cukup simple dan memungkinkan untuk melakukan apapun dengan satu tangan, termasuk bermain dengan HP saat berkendara. Ingat, jangan menukar nyawa matickers hanya demi membalas sms/bbm/atau sekedar melihat aplikasi di HP.



  • Jangan lihat ke bawah 

Apa pun yang terjadi, meski ketika posisi akan terjatuh, jangan melihat ke bawah. Mata perlu terus memandang ke depan, mengikuti arah yang akan dituju. Belok kanan, pandang jalur kanan yang akan Anda lewati. Ini meningkatkan kewaspadaan dan refleks ketika akan jatuh. Sekali melihat ke bawah dalam tikungan, meski tak sampai sedetik, celaka sudah ada di depan mata.



  • Jangan berkedip terlalu lama 

Ini tips terakhir yang harus selalu anda ingat bahwasanya berkedip terlalu lama itu tidak baik bagi keselamatan jiwa anda sekalian saat berkendara.

Nah, itu tadi beberapa hal yang jangan sekali-kali anda dilakukan saat berkendara. Motor matic jaman sekarang memang terdisain aman dan nyaman. Namun lengah atau teledornya pengendara pastinya akan mengundang maut.

Subscribe to receive free email updates: