Pekerjaan kantor yang dijalani seseorang tidak selalu berjalan dengan mulus. Dalam perjalanannya pasti ada banyak rintangan dan tantangan yang menghadang. Salah satunya rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh tabiat bos yang memiliki tempramen tinggi alias pemarah. 

Kedudukan bos yang lebih tinggi menyebabkan kamu tidak bisa melawannya dan akhirnya terpaksa harus membiasakan diri dengan perilaku menyebalkan dari bos. Jangan khawatir dan putus asa menghadapi bos tipe pemarah ini. Karena di bawah ini ada tips ampuh menghadapi bos pemarah yang bisa langsung kamu praktekan.

Hadapi dan Pahami

Jabatan sang bos yang lebih tinggi di atas kita bisa jadi membuat dia bertingkah sewenang-wenang dan temperamental. Namun biasanya bos akan terpancing amarahnya jika bawahannya melakukan kesalahan yang tidak bisa ditoleransi. Maka jika bosmu mendadak marah, jangan langsung ciut atau bahkan menangis. Cobalah untuk mengingat kesalahan apa yang telah kamu perbuat. Lalu minta maaf dengan tulus padanya. Biasanya amarah yang dikeluarkan hanyalah emosi sesaat yang akan luluh jika kamu sudah meminta maaf padanya.

Menanggapinya dengan Tenang

Jika atasanmu sedang kumat tabiatnya, jangan terpancing oleh emosi yang dikeluarkan sang bos. Jika bos marah dan kamu ikut marah maka akibatnya bisa sangat fatal. Kamu bisa saja kehilangan pekerjaan dan di-black list di perusahaan lain. Jadi lebih baik sabar dan hadapi dengan nada suara yang tenang. Jika kamu berbicara dengan nada suara tenang, suasana akan menjadi lebih dingin dan amarah si bos juga berkurang.

Berikan Hadiah

Cara ini sebenarnya bisa dianggap menyogok atau caper terhadap bos. Tapi patut untuk dicoba karena kemungkinan akan berhasil. Berikan hadiah yang disukai oleh bosmu. Hadiah bisa berupa barang atau makanan yang enak. Hadiah berupa makanan sedap bisa meluluhkan hati sang bos.

Laporkan ke Atasan yang Posisinya Lebih Tinggi

Jika kamu sudah mencoba cara-cara di atas namun tidak ada yang berhasil. Maka ini saatnya untuk melaporkan tabiat buruk bosmu kepada atasannya yang kabatannya lebih tinggi. Kamu pasti tidak mau kan terus-menerus terintimidasi oleh perilaku bosmu yang sewenang-wenang. Kamu bisa juga mengajak beberapa karyawan lain untuk membuat keluhan tentang kebiasaan negative atasanmu. Cara ini bisa ampuh untuk mengubah tabiat bosmu. Bosmu pun mau tidak mau akan memaksa dirinya untuk mengubah tabiatnya. Karena ia pun pasti tidak mau kehilangan pekerjaan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " "

Posting Komentar