Posisi dan dampak ketika di pulau kapuk

Posisi Dan Dampak Ketika Di Pulau Kapuk

  Tidur merupakan hal yang biasa dipergunakan untuk mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas. Tidak sedikit orang yang mengeluh ketika bangun dipagi hari dengan keluhan sakit dipunggung, leher, dan perasaan yang aneh di pagi hari.



   Waktu tidur malam yang cukup panjang tidak selalu memberikan kebugaran ketika bangun di pagi hari.
Hal ini dipengaruhi oleh posisi kita ketika semalaman tidur.
Posisi tubuh ketika selama tidur menentukan kualitas tidur dari seseorang. Posisi yang salah dapat memunculkan berbagai keluhan di leher, perut, dan masih banyak lagi.
Berikut posisi tubuh saat tidur dan keuntungannya :

Ada plus dan minus dari berbagai posisi tubuh saat tidur, berikut di antaranya seperti dikutip dari Aol Health:


1.Menelungkup

Posisi ini sangat cocok digunakan untuk orang yang sering mengeluh sakit pada leher dan punggung, serta dapat meminimalisir risiko refluks, keriput, serta dapat pula digunakan untuk  mempertahankan bentuk payudara.
Namun dengan posisi ini, membuka peluang yang cukup besar terjadinya dengkuran ketika tidur.


2.Telentang

Dengan posisi terlentang dapat menetralkan posisi kepala, leher dan tulang punggung. "Anda tak akan mengalami tekanan ekstra pada punggung," tutur (Steven Diamant).
Posisi telentang juga mencegah terjadinya acid reflux. Dr Olson berucap, "Jika kepala diangkat, perut akan berada di bawah kerongkongan sehingga asam atau makanan tidak naik ke kerongkongan."
Agar nyaman pada posisi telentang, gunakan satu bantal dengan ketinggian sedang untuk menopang kepala dan leher. Bagi yang memiliki masalah mendengkur gunakan bantal tipis atau tanpa bantal sama sekali.


3.Melengkung

Dengan posisi melengkung pada saat tidur, seseorang seperti layaknya janin didalam perut memiliki manfaat seperti mengurangi dengkuran dan baik bagi wanita hamil.
Namun  dengan posisi ini dapat mengurangi pernapasan lewat diafragma akibat tekanan lutut, risiko pegal-pegal  pada leher, punggung dan sendi terutama bagi penderita rematik.
Maka dari itu jangan tidur dengan posisi melengkung yang terlalu ekstrim.


4.Menyamping

Posisi ini sangat baik dan di anjurkan bagi wanita yang sedang hamil, untuk mengurangi dengkuran, sakit leher, dan punggung.
Namun, tidur dengan posisi ini tidak cukup baik satu bagi kecantikan payudara dan kulit. Karena tidur dengan posisi menyamping membuat peregangan pada persendian, tekanan pada kulit wajah serta payudara.


NB : Agar kita dapat bangun dengan keadaan bugar bukan pengaruh dari berapa lama kita tidur namun seberapa baik kualitas kita saat tidur :)

Subscribe to receive free email updates: