Tips sederhana mengambil foto Instagram yang bagus dari Smartphone

Hari ini fotografi telepon mampu melakukan beberapa hal yang cukup mengesankan. Plus, tidak seperti DSLR besar yang Anda keluarkan untuk liburan, selalu ada di tangan.

Mempelajari cara mengambil bidikan luar biasa hanya dengan menggunakan ponsel Anda adalah cara terbaik untuk menonjol dan membangun kehadiran yang kuat di Instagram .

Dalam posting ini, Anda akan belajar cara mengambil foto Instagram yang bagus hanya menggunakan ponsel Anda, dan beberapa ide gambar Instagram untuk menginspirasi umpan Anda.\\\

Cara mengambil foto Instagram yang bagus di ponsel Anda

Mempelajari cara mengambil foto yang bagus di ponsel Anda memerlukan pemahaman beberapa prinsip dasar komposisi dan pencahayaan, dan mengasah naluri Anda sendiri sebagai seorang fotografer. Anda hanya perlu mengikuti beberapa aturan sederhana.

Langkah 1: Gunakan cahaya alami
Pencahayaan adalah dasar dari foto yang bagus. Memahami cara menggunakan cahaya adalah aturan pertama dan terpenting untuk mendapatkan foto yang bagus hanya dengan menggunakan ponsel Anda.


Hindari penggunaan flash Anda demi cahaya alami , yang menghasilkan foto yang lebih kaya dan lebih cerah.

Flash dapat meratakan foto Anda dan menghapus subjek Anda. Jika Anda tidak dapat memotret di luar ruangan, ambil foto di dekat jendela atau di kamar yang terang. Bahkan di malam hari, lebih baik untuk menemukan sumber cahaya sekitar, seperti lampu jalan dan jendela toko.

Langkah 2: Jangan terlalu mengekspos gambar Anda
Anda dapat mencerahkan foto yang terlalu gelap dengan alat pengeditan, tetapi tidak ada yang dapat memperbaiki foto yang terlalu terang.

Cegah paparan berlebih dengan menyesuaikan pencahayaan di layar Anda: ketuk dan geser jari Anda ke atas atau ke bawah untuk menyesuaikan pencahayaan.


Cara lain untuk mencegah paparan berlebih adalah dengan mengetuk jari Anda pada bagian paling terang dari bingkai (dalam kasus di atas, itu adalah jendela) untuk menyesuaikan pencahayaan sebelum mengambil foto Anda.

Langkah 3: Tembak di waktu yang tepat
Ada alasan mengapa fotografer suka jam emas. Saat ini siang, ketika matahari rendah di cakrawala, membuat setiap foto lebih indah. Ini filter Instagram alami.


Jika Anda menembak pada tengah hari, awan adalah teman Anda. Sulit untuk mendapatkan bidikan yang baik di bawah sinar matahari langsung, yang bisa jadi sulit di foto.

Awan menyebarkan cahaya dari matahari dan menciptakan efek yang lebih lembut dan lebih bagus.

Langkah 4: Ikuti aturan pertiga
Komposisi mengacu pada susunan foto: bentuk, tekstur, warna, dan elemen lain yang membentuk gambar Anda.

Aturan pertiga adalah salah satu prinsip komposisi yang paling terkenal, dan mengacu pada metode sederhana menyeimbangkan gambar Anda. Ini membagi gambar menjadi kisi 3 × 3, dan menyelaraskan subjek atau objek dalam foto di sepanjang garis kisi untuk menciptakan keseimbangan.

Misalnya, Anda dapat memusatkan foto Anda:


Tetapi Anda juga dapat mencapai efek yang menyenangkan dengan "asimetri seimbang", di mana subjek berada di luar pusat tetapi diimbangi oleh objek lain. Dalam hal ini, bunga-bunga disusun di area kanan bawah foto, dan diseimbangkan dengan matahari di sudut kiri atas.


Kiat pro: Hidupkan garis kisi-kisi untuk kamera ponsel Anda dalam pengaturan, dan gunakan untuk berlatih menyelaraskan foto Anda.


Langkah 5: Pertimbangkan sudut pandang Anda
Ketika Anda mengambil foto di ponsel Anda, Anda mungkin memegangnya setinggi mata dan memotret, kan? Itulah yang dilakukan orang lain juga. Tahan kecenderungan alami ini jika Anda ingin mengambil foto yang menarik dan tidak terduga.

Mengambil foto dari sudut pandang yang berbeda akan memberikan perspektif baru, bahkan ketika datang ke tempat atau subjek yang akrab. Cobalah menembak dari atas atau bawah, merunduk rendah ke tanah, atau memanjat dinding (jika Anda merasa ambisius).


Jangan mematahkan kaki untuk mengejar tembakan sempurna, tetapi tantang diri Anda untuk melihat sesuatu dari perspektif baru.

Langkah 6: Membingkai subjek Anda
Meninggalkan ruang di sekitar titik fokus foto Anda dapat menambahkan lebih banyak minat visual daripada memperbesar. Kadang-kadang Anda mendapatkan detail mengejutkan yang membuat foto lebih baik, seperti bulan di langit foto ini:


Tidak seperti kamera dengan lensa yang dapat disesuaikan, kamera ponsel Anda "memperbesar" dengan mengecilkan bidang pandang Anda. Akibatnya, Anda baru saja memotong gambar Anda. Ini dapat membatasi opsi Anda untuk mengedit nanti, dan Anda mungkin kehilangan detail menarik, jadi hindari melakukannya.

Sebaliknya, cukup ketuk subjek foto atau titik fokus Anda untuk memfokuskan kamera.

Jika Anda ingin memberi diri Anda lebih banyak pilihan, Anda dapat membeli lensa eksternal yang pas untuk ponsel Anda.

Langkah 7: Gambarkan mata penonton
Dalam fotografi, "garis depan" adalah garis yang berjalan melalui gambar Anda yang menarik mata dan menambah kedalaman. Ini mungkin jalan, bangunan, atau elemen alami seperti pohon dan ombak.


Mengawasi untuk memimpin garis dan menggunakannya untuk menambah gerakan atau tujuan pada foto Anda.

Anda dapat menggunakan garis depan untuk mengarahkan pandangan penonton ke subjek Anda, seperti dalam bidikan ini:

Langkah 8: Tambahkan kedalaman
Sangat mudah untuk fokus hanya pada subjek foto Anda, apakah itu orang atau sepotong pizza yang tampan. Tetapi foto yang menyertakan lapisan, dengan pola atau objek di latar serta latar depan, secara alami menarik karena mereka menawarkan kedalaman lebih.

Foto ini, bukan hanya memotong dengan ketat bunga-bunga, juga termasuk pagar di belakangnya, pohon di luar itu, dan kemudian matahari terbenam dan cakrawala. Setiap lapisan foto menawarkan sesuatu untuk dilihat, menarik Anda.


Langkah 9: Jangan lupa untuk menjadi kreatif
Beberapa foto di Instagram sangat populer sehingga menjadi klise, menginspirasi seluruh akun Instagram yang didedikasikan untuk mengulang gambar . Jangan terlalu terjebak dalam tren foto Instagram sehingga Anda kehilangan kreativitas.

Anda ingin menonjol dari merek lain di Instagram, jadi selalu tantang diri Anda untuk menemukan sudut pandang baru pada subjek umum. Ini juga akan membantu Anda membangun identitas merek yang khas dan mudah diingat .

Subscribe to receive free email updates: